Cara Meredakan Batuk Anak saat Tidur


Cara Meredakan Batuk Anak saat Tidur - Selamat siang Buns, pernah mengalami anak batuk saat tidur sampai muntah? Saya pernah dan ini terjadi ketika Gendis batuk. Jujur, saya khawatir tiap kali Gendis terkena batuk, soalnya tidurnya jadi nggak bisa nyenyak. Dikit-dikit batuk, dan ia jadi kesal sendiri, saya sebagai Ibu juga bingung harus bagaimana. Pilihan yang biasanya saya ambil sih, tidur dengan cara menggendong terlebih dahulu, kalau Bunda sendiri gimana Buns?


Cara Meredakan Batuk Anak saat Tidur
Cara Meredakan Batuk Anak saat Tidur


 

Apalagi tidur anak yang berkualitas ini menjadi faktor penting untuk tumbuh kembangnya, ya kan? Lantas saya mulai bertanya-tanya kenapa Gendis tiba-tiba jadi batuk, ditambah dia juga kena pilek. Oh ternyata beberapa hari ini dia sering mandi kelamaan dan juga beberapa hari ini sering makan snack. Duh! PR banget asli buat nggak ngasih ini, tapi sebenarnya memang saya nggak ngasih BUns, cuma di rumah tuh ada warung kecil-kecilan tinggalan mertua. Nah jualan jajan kan? Anak-anak sering beli dan Gendis melihat itu, jadilah dia kepincut juga buat merasakannya.

 

Penyebab Tiba-tiba Batuk Saat Tidur

 

Yuk kita cari tahu Buns, mengapa anak batuk ketika tidur. Ini dia sebabnya:

  • Mengalami infeksi saluran pernafasan di bagian atas

 

Yes, ketika anak batuk, ternyata dipicu dari flu karena lendir itu keluarnya dari hidung dan sinus ke tenggorokan. Hal tersebut memicu rafleks batuk, jadilah bermasalah ketika anak tidur.

 

  • Post-nasal Drip

 

Saat kita pilek atau batuk, seringkali dipicu oleh post-nasal drip yaitu lendir berlebih mengalir ke tenggorokan. Ditambah oleh infeksi, alergi, dan perubahan cuaca jadilah sering batuk. Pernah denger kan kadang? Orangtua bilang "Lagi musim batuk dan pilek," bisa jadi cuaca demikianlah yang membuat anak terkena batuk dan pilek.  Kita aja yang dewasa sering ngalamin, ketika pilek dan batuk lagi tidur tiba-tiba aja ada lendir ngalir ke tenggorokan, pernah ngerasain ga bun? Nah anak juga demikian nih.

 

Cara Atasi Anak Batuk Terus-menerus



Sebagai Ibu yang ingin memberikan yang terbaik untuk anak, kita harus mencoba segala macam cara ya Buns, agar anak bisa benar-benar merasakan tidur berkualitas meski sedang batuk, yuk coba cara meredakan batuk anak saat tidur di bawah ini:

 
Menyesuaikan posisi tidur

 

Seperti yang Ibu saya lakukan ketika Gendis mengalami batuk atau flu, adalah memposisikan kepala anak dengan bantal tambahan. Jadi bantalnya agak ditinggikan,  jadi kepalanya lebih tinggi, hal ini membantu mendorong pembersihan sinus dan mencegah penumpukkan lendirnya di tenggorokan. Batuk jadi berkurang. Tapi beneran, Gendis jadi lebih nyaman.

 

Menggunakan hiurp uap air hangat

 

Dulu saat Gendis bayi, saya sering kali menggunakan cara ini. Dapat tips dari beberapa dokter. Merebus air mendidih kemudian taruh di dalam kamar, ketika anak tidur dengan ditambahkan minyak kayu putih. Hal tersebut dilakukan untuk mengencerkan lendir dan saluran napas anak.

 

Menjaga keadaan udara di dalam kamar dengan baik

 

Yes, hal ini adalah PR kita sebagai Ibu untuk menjaga keadaaan kamar tetap bersih sehingga kualitas udara di dalamnya juga baik. Kalau banyak debu, tungau debu, atau hal lain yang bisa memicu timbulnya batuk atau pilek, otomatis pernapasan anak jadi tidak sehat.

 

Memberikan nutrisi tubuh dan hidrasi yang mendukung

 

Namanya juga batita sedang bertumbuh, oleh sebab itu kita wajib memberikan nutrisi yang seimbang, baik itu buah, sayuran, biji-bijian, dan protein. Memberikan cairan yang cukup juga penting, agar kelembapan tenggorokan anak tetap terjaga.  Kecukupan inilah yang membuat pengelolaan lendir, anak jadi tidak merasa engap dan batuk semoga bisa lekas kabur.

 

Semoga anak-anak kita selalu sehat ya Buns, bertumbuh kembang dengan baik sesuai usianya dan menjadi anak sholeh-sholehah aammin.

 

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat